Sasaran: Kelas X | Durasi 8–12 menit
Pemantik: demonstrasi reaksi redoks sederhana (mis. Fe + CuSO₄) untuk memperlihatkan transfer elektron dan perubahan warna.
- Menjelaskan konsep reaksi redoks sebagai transfer elektron antara zat.
- Membedakan oksidator dan reduktor dalam suatu reaksi dan menuliskan setengah reaksi oksidasi & reduksi.
- Menentukan bilangan oksidasi sederhana pada atom dalam senyawa umum.
- Mengidentifikasi perubahan bilangan oksidasi untuk menentukan siapa yang mengalami oksidasi/reduksi.
Ringkasan inti materi
- Reaksi redoks: adanya perubahan bilangan oksidasi → transfer elektron. Contoh: Zn + Cu²⁺ → Zn²⁺ + Cu (Zn teroksidasi, Cu²⁺ direduksi).
- Oksidator: zat yang menyebabkan zat lain teroksidasi (menerima elektron). Reduktor: zat yang menyebabkan zat lain tereksidasi (melepas elektron).
- Aturan bilangan oksidasi dasar (H = +1 kecuali hidrid, O = −2 kecuali peroksida, unsur bebas = 0, jumlah sesuai muatan).
- Penulisan setengah reaksi oksidasi & reduksi; penyetaraan elektron untuk mendapatkan reaksi redoks keseluruhan.
Materi lengkap (PDF)
Skenario: Pilih pasangan reaktan → sistem menjelaskan siapa oksidator & reduktor + perubahan bilangan oksidasi
Pilih contoh reaksi redoks sederhana lalu tekan Uji.
Warna pilihan berubah setelah dipilih. Tekan Cek untuk umpan balik; terakhir tekan Rekap Skor.
Tuliskan singkat (2–3 kalimat): Jelaskan siapa oksidator dan reduktor dalam reaksi Zn + CuSO₄ → ZnSO₄ + Cu serta mengapa.
Kata kunci: reaksi redoks, oksidator, reduktor, bilangan oksidasi, Kelas X
Deskripsi: Media interaktif Reaksi Redoks: video pemantik, materi PDF (embed & unduh), simulasi identifikasi oksidator/reduktor, 10 soal interaktif, dan refleksi untuk siswa SMA.
0 Komentar