Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hakikat dan Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan

Foto : https://ecorator.co.id

Setiap kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari menghasilkan limbah. Dari lingkungan rumah, sekolah, rumah sakit hingga industri menghasilkan limbah, baik berupa limbah padat maupun cair. Limbah padat tidak boleh dibuang di sembarang tempat dan harus dipisahkan sesuai sifat dan jenisnya terlebih dahulu. Selanjutnya, dapat ditimbun, dibakar, atau didaur ulang. Limbah cair juga tidak boleh langsung dibuang ke lingkungan. Di sinilah peran ilmu kimia dalam mengelola limbah. Limbah diuji sifat dan karakteristiknya untuk kemudian dinetralkan hingga dinilai aman dilepaskan ke lingkungan. Gambar di atas menunjukkan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dari sebuah pabrik. Pengujian dan pengolahan air limbah melalui tahapan metode ilmiah dengan pengawasan tenaga ahli. Bagaimanakah tahapan metode ilmiah dilakukan? Apa peran ilmu kimia selain untuk pengolahan limbah? Temukan jawabannya dengan mempelajari ini.

Kimia merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam (TPA). Kata kimia berasal dari bahasa Arab kimiya yang berarti perubahan benda atau zat. Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan tersebut. Ilmu kimia tidak dapat berdiri sendiri dan saling berkaitan dengan ilmu lain seperti biologi, fisika, kesehatan, geologi, lingkungan, dan kedokteran. Peran ilrnu kimia sudah kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja peran kimia dalam kehidupan kita? Kerjakan kegiatan berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Tugas : Mengidentifikasi Peran Ilmu Kimia dalam Kegiatan Sehari-hari

Sediakan kemasan sabun mandi, pasta gigi, sampo, biskuit, minuman isotonik, bedak, dan obat mag. Cermati bahan kimia yang tercantum dalam kemasan-kemasan tersebut. Selanjutnya, carilah informasi mengenai bahan kimia yang ditemukan dalam produk dan diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teman kelompok Anda.

  1. Bagaimana sifat bahan kimia yang terkandung dalam produk-produk tersebut?
  2. Mengapa bahan kimia tersebut ditambahkan ke dalam produk?
  3. Apa saja faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menambahkan bahan kimia tersebut ke dalam produk?
  4. Berdasarkan pengamatan Anda, di bidang apa sajakah peran bahan kimia dalam kehidupansehari-hari?

Tuliskan hasil diskusi kelompok Anda, lalu presentasikan di kelas.